- Back to Home »
- Model-model Pembelajaran Kreatif Inovatif dengan TIK
Posted by : peduligurukita
Dalam pembelajaran Kreatif, inovatif dengan TIK, ada beberapa model
yang dapat dipergunakan diantaranya adalah
:
:
a.
Pemanfaatan Mind Map (Peta Pikiran)
Mind Map ditemukan oleh Tony Buzan dimana pengertian mind map adalah suatu teknik grafis berbentuk peta
pikiran yang bekerja sesuai prinsip manajemen otak dengan memberdayakan OKA
& OKI dimana terdapat kata kunci, gambar, dan warna sehingga suatu
informasi dapat dipelajari, diingat, dianalisis dan dikeluarkan (recall)
kembali dari otak secara cepat dan efisien .Peta pikiran dalam konteks ini
adalah pemanfaatan software Mindjet MindManager Pro 7 untuk
membuat peta pikiran (Mind Map) secara efektif dan kreatif.
b.
Autoplay Media
Studio 7.5 atau 8.0
Software
ini bermanfaat untuk membuat tampilan dan tombol pemanggil segala bentuk file
dengan cara yang interaktif sehingga terlihat menyenangkan sekaligus dahsyat
untuk presentasi baik dalam pembelajaran maupun presentasi lainnya.
c.
Pemanfaatan Ms. Power Point 2007/2010/2013
Pembuatan Media Presentasi Pembelajaran
antara lain untuk presentasi materi ajar dan pembuatan slide bertema musik
(parody). Disamping itu juga dalam hal pembuatan media evaluasi (Kuis) seperti Course Review Bingo (CRB), TalkQuest
Interaktif serta Kuis Interaktif/Kuis Penutup Pembelajaran.
d.
Pemanfaatan Microsoft Mouse Mischief
Mouse Mischief adalah aplikasi tambahan Microsoft PowerPoint yang memungkinkan
para pendidik memberikan akses bagi banyak siswa kepada satu buah komputer di
dalam kelas. Microsoft Mouse Mischief dapat dimanfaatkan sebagai media evaluasi oleh para guru dalam
mengukur seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah
disampaikan (Gora: 2011).
Sedangkan
Amiroh (2011) menyatakan bahwa Microsoft
Mouse Mischief adalah suatu add-in yang memanfaatkan teknologi multipoint.
Teknologi Multipoint ini sendiri adalah suatu teknologi yang memungkinkan satu
buah komputer dapat terkoneksi dengan banyak mouse, sehingga akan lebih banyak
pengguna yang dapat mengakses satu komputer. Biasanya, satu komputer
dihubungkan dengan USB Hub (untuk mouse USB), atau dengan memanfaatkan mouse
wireless.
Fitur ini berintegrasi dengan Office PowerPoint 2010 dan 2007
yang memungkinkan para tenaga pengajar untuk membuat presentasi yang sangat
interaktif dan bisa melibatkan audience atau siswa pada saat presentasi.
Sebagai contoh, 5 hingga 25 siswa, masing-masing menggunakan mouse dapat
memilih suatu soal multiple choice
atau menggambar bersama-sama. Dengan menggunakan ini, maka para siswa tidak
hanya melihat materi presentasi yang ditayangkan di dalam kelas, namun mereka
juga dapat berinteraksi dengan materi yang disampaikan guru.
Proses evaluasi menggunakan aplikasi ini akan lebih
menarik dan menyenangkan dibandingkan dengan proses evaluasi yang biasanya
disampaikan menggunakan kertas.
e. Pemanfaatan Media Layar Sentuh (berbiaya
relatif lebih murah)
1. Pembuatan Media Presentasi Pembelajaran
Pembuatan
media presentasi pembelajaran dengan model Interaktif white board dapat
dikembangkan dengan adanya Assistant Projector VIMEO yang
diproduksi oleh PT. Satu Solusi Intermedia Utama. VIMEO
memungkinkan whiteboard biasa atau tembok sekalipun dapat disulap menjadi layar
sentuh seperti layaknya IWB yang mahal itu. Dengan hanya menghubungkan VIMEO
dengan Laptop guru dan LCD Projector maka guru sudah dapat menghadirkan layar
sentuh di kelas. Guru tinggal memanfaatkan software Smartnoetbook 10.7
untuk merancang dan menampilkan media pembelajaran berbasis layar sentuh.
2. Pembuatan Media Evaluasi
Toolkits for Evaluation
yang merupakan bagian dari SmartNotebook
10.7 berisi berbagai media evaluasi pembelajaran yang sangat interaktif
sehingga para siswa akan sangat senang untuk mengerjakan soal evaluasi yang
telah guru siapkan. Ada beberapa tipe toolkits yang dapat dimanfaatkan guru
untuk melihat sejauh mana siswa memahami materi ajar yang telah disampaiakan
semisal Anagram, Vorteks, Multiple Choice, Image Select, Category Sort,
Keyword Match, Hot Spot, Image Arrange, dll. Kesemua evaluation tools
tersebut akan sangat mengasyikkan bagi para siswa karena mereka dapat menjawab
soal sambil bermain dengan layar sentuh.
3.
Pemanfaatan Kolaborasi
SmartNotebook 10.7 dan Model Number Heads Together (NHT Interaktif/ NHT
Digital)
Random Tools for
Students adalah fitur dari
SmartNotebook 10.7 yang diperuntukkan agar guru dapat memilih siswa mana atau
kelompok berapa yang harus tampil ke depan kelas. Cara memilihnya guru tidak
lagi mengucapkan secara lisan tapi menggunakan Random Tools yang dapat
mencari sendiri secara acak siswa mana yang terpilih. Random Tools for
Students tadi akan sangat “powerfull’ jika dikombinasikan dengan Model
Pengelompokkan Number Heads Together (NHT) yang ditemukan oleh Spencer
Kagan tahun 1992. Model pembelajaran ini mengkondisikan seluruh siswa menjadi
beberapa kelompok kecil dimana tiap anggota kelompok memiliki nomor urut
masing-masing yang juga menjadi kode panggil.
4. Pemanfaatan Software Edukasi Bernuansa Layar Sentuh lainnya
Ada beberapa beberapa software lainnya yang terkait dengan
beberapa mata pelajaran dimana software tersebut akan sangat cocok dan
interaktif bagi para siswa jika digunakan melalui versi layar sentuh. Software-software tersebut antara lain Seterra 3.0, Algodoo, Encarta Premium DVD 2009 , Aurora Presentation 3D, dan software lainnya yang cocok dengan layar
sentuh.
guru kreatif, belajar efektiif
BalasHapus