Posted by : peduligurukita



Dalam pembelajaran Kreatif, inovatif dengan TIK, ada beberapa model yang dapat dipergunakan diantaranya adalah
:
a.        Pemanfaatan Mind Map (Peta Pikiran)
Mind Map ditemukan oleh Tony Buzan  dimana pengertian mind map adalah suatu teknik grafis berbentuk peta pikiran yang bekerja sesuai prinsip manajemen otak dengan memberdayakan OKA & OKI dimana terdapat kata kunci, gambar, dan warna sehingga suatu informasi dapat dipelajari, diingat, dianalisis dan dikeluarkan (recall) kembali dari otak secara cepat dan efisien .Peta pikiran dalam konteks ini adalah pemanfaatan  software Mindjet MindManager Pro 7 untuk membuat peta pikiran (Mind Map) secara efektif dan kreatif.
b.      Autoplay Media Studio 7.5 atau 8.0
Software ini bermanfaat untuk membuat tampilan dan tombol pemanggil segala bentuk file dengan cara yang interaktif sehingga terlihat menyenangkan sekaligus dahsyat untuk presentasi baik dalam pembelajaran maupun presentasi lainnya.

c.       Pemanfaatan Ms. Power Point 2007/2010/2013
Pembuatan Media Presentasi Pembelajaran antara lain untuk presentasi materi ajar dan pembuatan slide bertema musik (parody). Disamping itu juga dalam hal pembuatan media evaluasi (Kuis) seperti Course Review Bingo (CRB), TalkQuest Interaktif  serta Kuis Interaktif/Kuis Penutup Pembelajaran.
d.      Pemanfaatan Microsoft Mouse Mischief
Mouse Mischief adalah aplikasi tambahan Microsoft PowerPoint yang memungkinkan para pendidik memberikan akses bagi banyak siswa kepada satu buah komputer di dalam kelas. Microsoft Mouse Mischief dapat dimanfaatkan sebagai media evaluasi oleh para guru dalam mengukur seberapa jauh pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan (Gora: 2011).
Sedangkan Amiroh (2011) menyatakan bahwa Microsoft Mouse Mischief adalah suatu add-in yang memanfaatkan teknologi multipoint. Teknologi Multipoint ini sendiri adalah suatu teknologi yang memungkinkan satu buah komputer dapat terkoneksi dengan banyak mouse, sehingga akan lebih banyak pengguna yang dapat mengakses satu komputer. Biasanya, satu komputer dihubungkan dengan USB Hub (untuk mouse USB), atau dengan memanfaatkan mouse wireless.
Fitur ini berintegrasi dengan Office PowerPoint 2010 dan 2007 yang memungkinkan para tenaga pengajar untuk membuat presentasi yang sangat interaktif dan bisa melibatkan audience atau siswa pada saat presentasi. Sebagai contoh, 5 hingga 25 siswa, masing-masing menggunakan mouse dapat memilih suatu soal multiple choice atau menggambar bersama-sama. Dengan menggunakan ini, maka para siswa tidak hanya melihat materi presentasi yang ditayangkan di dalam kelas, namun mereka juga dapat berinteraksi dengan materi yang disampaikan guru.
Proses evaluasi menggunakan aplikasi ini akan lebih menarik dan menyenangkan dibandingkan dengan proses evaluasi yang biasanya disampaikan menggunakan kertas.

e.       Pemanfaatan Media Layar Sentuh (berbiaya relatif lebih murah)
1.      Pembuatan Media Presentasi Pembelajaran
Pembuatan media presentasi pembelajaran dengan model Interaktif white board dapat dikembangkan dengan adanya Assistant Projector VIMEO yang diproduksi oleh PT. Satu Solusi Intermedia Utama. VIMEO memungkinkan whiteboard biasa atau tembok sekalipun dapat disulap menjadi layar sentuh seperti layaknya IWB yang mahal itu. Dengan hanya menghubungkan VIMEO dengan Laptop guru dan LCD Projector maka guru sudah dapat menghadirkan layar sentuh di kelas. Guru tinggal memanfaatkan software Smartnoetbook 10.7 untuk merancang dan menampilkan media pembelajaran berbasis layar sentuh.
2.      Pembuatan Media Evaluasi

Toolkits for Evaluation yang merupakan bagian dari SmartNotebook 10.7 berisi berbagai media evaluasi pembelajaran yang sangat interaktif sehingga para siswa akan sangat senang untuk mengerjakan soal evaluasi yang telah guru siapkan. Ada beberapa tipe toolkits yang dapat dimanfaatkan guru untuk melihat sejauh mana siswa memahami materi ajar yang telah disampaiakan semisal Anagram, Vorteks, Multiple Choice, Image Select, Category Sort, Keyword Match, Hot Spot, Image Arrange, dll. Kesemua evaluation tools tersebut akan sangat mengasyikkan bagi para siswa karena mereka dapat menjawab soal sambil bermain dengan layar sentuh.
3.      Pemanfaatan Kolaborasi SmartNotebook 10.7 dan Model Number Heads Together (NHT Interaktif/ NHT Digital)

Random Tools for Students adalah fitur dari SmartNotebook 10.7 yang diperuntukkan agar guru dapat memilih siswa mana atau kelompok berapa yang harus tampil ke depan kelas. Cara memilihnya guru tidak lagi mengucapkan secara lisan tapi menggunakan Random Tools yang dapat mencari sendiri secara acak siswa mana yang terpilih. Random Tools for Students tadi akan sangat “powerfull’ jika dikombinasikan dengan Model Pengelompokkan Number Heads Together (NHT) yang ditemukan oleh Spencer Kagan tahun 1992. Model pembelajaran ini mengkondisikan seluruh siswa menjadi beberapa kelompok kecil dimana tiap anggota kelompok memiliki nomor urut masing-masing yang juga menjadi kode panggil.
4.      Pemanfaatan Software Edukasi Bernuansa Layar Sentuh lainnya

Ada beberapa beberapa software lainnya yang terkait dengan beberapa mata pelajaran dimana software tersebut akan sangat cocok dan interaktif bagi para siswa jika digunakan melalui versi layar sentuh. Software-software tersebut antara lain Seterra 3.0, Algodoo, Encarta Premium DVD 2009 , Aurora Presentation 3D, dan software lainnya yang cocok dengan layar sentuh.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Popular Post

- Copyright © GURU KREATIF INOVATIF DENGAN TIK -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -